Tuesday 9 October 2018

Beredar Video Gempa Bumi hingga Jalanan Terbelah, Begini Kata Pak Sutopo

Tags


Sekarang ini banyak beredar berita-berita hoaks di media sosial atau media lainnya. Hoaks adalah berita yang tidak benar.
Baru-baru ini telah beredar sebuah video yang menggemparkan sejumlah masyarakat. Didalam video tersebut menampilkan efek gempa bumi yang menyebabkan jalan menjadi terbelah. Menurut informasi yang tersebar, video tersebut diklaim merupakan efek gempa bumi yang terjadi di daerah Bulukumba. Namun ternyata berita tersebut tidaklah benar.
Video yang tersebar di sosial media itu memperlihatkan adanya orang-orang yang berteriak hingga berlarian. Jalanan kemudian terbelah dan tampak ada orang yang melompati celah jalanan tersebut.
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bila informasi yang menyebutkan video tersebut terjadi di Bulukumba merupakan Berita Hoaks.Untuk masyarakat dihimbau jangan mempercayai berita hoaks tersebut.
Gempa 5,2 SR yang ada di Palu dan 4,8 SR di Bulukumba tak menimbulkan korban jiwa ataupun kerusakan seperti yang tertera di dalam video tersebut.
 Mengenai video yang beredar di sosial media itu, Sutopo menegaskan Bahwa kejadian  itu bukan terjadi di daerah Bulukumba, melainkan terjadi di Donggala. Kejadian tersebut terjadi pada waktu gempa bumi 7,4 SR mengguncang daerah tersebut pada tanggal 28 September 2018 kemarin.

"Beredar banyak Hoax dampak gempa 5,2 SR di Palu dan 4,8 SR di Bulukumba. Kedua gempa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan rumah, jalan dan bangunan lain. Video ini adalah dampak gempa 7,4 SR di Donggala pada 28/9/2018. Jangan ikut menyebarkan hoax," tutup Sutopo.
Janganlah percaya berita-berita yang tersebar tanpa mengetahui sumber yang jelas, Karena belum tentu berita tersebut benar kejadiannya.


EmoticonEmoticon