Wednesday 10 October 2018

Inilah Penyebab Indonesia Sering Dilanda Gempa


Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang sangat meresahkan manusia, terkhusus bagi kita orang-orang yang tinggal di Indonesia. Mengapa tidak? Hampir setiap waktu terjadi gempa di negara kita tercinta kita ini. bahkan sejak dahulu kala. Masih ingat gempa 9,1 Skala Richter yang mengguncang Aceh pada 2004 lalu? itu merupakan salah satu yang terbesar. Baru-baru ini terjadi 2 kali, pertama di Lombok dan yang kedua di Palu. Lalu sebenarnya apa penyebab Indonesia dilanda gempa?

Apa sih penyebab terjadinya gempa?

1. Penyebab lainnya adalah adanya aktivitas magma di dalam perut bumi. Dimana aktivitas tersebut biasanya memicu letusan gunung berapi. Jika aktivitas magma tersebut sangat kuat, maka akan menimbulkan getaran di permukaan bumi yang juga pada akhirnya menimbulkan gempa. Itulah kenapa saat terjadi letusan gunung berapi seringkali terjadi gempa. Gempa yang disebabkan letusan gunung berapi ini disebut Gempa Vulkanik.
2. Bumi yang kita tempati ini sebenarnya seperti sebuah puzzle yang sangat besar. Setidaknya ada 20 kepingan puzzle yang membungkus bumi, kepingan puzzle inilah yang kita sebut sebagai lempeng bumi. lempeng bumi ini selalu bergerak setiap waktu. tetapi, pergerakannya sangat pelan sehingga kita tidak bisa merasakannya. Lempeng bumi ini seringkali bergesekan setiap waktu dalam skala yang kecil hingga besar. Skala ini biasa kita hitung dengan seismograf. Ketika dua lempeng bumi yang saling bergesekan terjadi dalam skala yang besar, maka terjadilah getaran-getaran. Getaran inilah yang disebut dengan Gempa Tektonik.
Lalu, mengapa di Indonesia sering terjadi gempa?

1. Berdasarkan penyebab pertama 
"Indonesia berada pada jalur/gugusan gunung api dunia (Ring of Fire)"
World Ring of Fire
World Ring of Fire
Bisa terlihat dari gambar di atas, Indonesia sepenuhnya berada dalam kawasan Ring of Fire. Indonesia sendiri menjadi negara yang paling banyak dan aktif gunung berapi nya di antara negara-negara Ring of Fire lain di kawasan Pasifik. Jadi tidak heran, sering sekali terjadi letusan gunung berapi disertai dengan gempa vulkanik di Indonesia.

2. Berdasarkan penyebab kedua
"Indonesia terletak di pertemuan 3 lempeng besar dunia"
Lempeng Dunia di Indonesia
Lempeng Dunia di Indonesia
Indonesia terletak pada pertemuan 3 lempeng besar dunia, yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik. Lempeng Indo-Australia bertemu dengan lempeng Eurasia meliputi Pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Sedangkan lempeng Indo-Australia bertemu dengan lempeng Pasifik meliputi Pulau Irian Jaya dan sekitarnya. Pertemuan lempeng tersebut saling tumpang tindih yang disebut dengan Subduksi. Jadilah banyak terjadi Gempa Tektonik di Indonesia, bahkan jika getarannya kuat bisa mengakibatkan Tsunami juga.

Namun, di balik faktor-faktor di atas, sudah pasti Tuhan memiliki campur tangan atas apa yang terjadi. Kalau bukan Tuhan yang berkehendak siapa lagi. Dan dibalik semua bencana ini, pasti juga ada hikmah yang dapat diambil, bisa jadi ini juga peringatan agar kita yang lalai pada-Nya agar tidak boleh sekalipun lupa pada-Nya dalam segala hal. Selalu berdoa untuk diberikan keselamatan dan selalu rapatkan persatuan kita sebagai warga Indonesia.


EmoticonEmoticon