Tuesday 9 October 2018

Tips menguasai bahasa Inggris dengan baik dan mudah

Tags



Mungkin kamu sering mendengar pertanyaan-pertanyaan tentang :  apa saja sih yang penting dalam bahasa inggris ? Apa vocab saja ? Grammar ? Speaking ? Yang penting ngomong gapapa grammar nya ga beraturan ? Apakah itu semua ? . Jawabannya adalah dalam bahasa inggris semuanya saling berkaitan ibaratkan sebuah tubuh semuanya saling membutuhkan dan akan berfungsi dengan baik jika lengkap. 
Sama halnya dengan unsur yang ada didalam bahasa Inggris vocab(kosa kata) saja tidak cukup tanpa ada grammar atau pola yang mengatur sebuah kalimat , atau speaking( berbicara) saja tidak cukup tanpa bisa menuliskan kalimat dengan baik dan benar . Nah maka dari itu dibawah ini beberapa solusi untuk bisa menguasai bahasa asing dengan baik dan mudah

Tips menguasai bahasa Inggris dengan baik dan mudah


1. Perbanyak vocabulary (kosa kata)
Kenapa kosa kata menjadi poin pertama ? karna inilah yang akan menjadi dasar untuk kita berbahasa, bagaimana bisa kita ingin berbicara jika kita tidak tahu kata kata apa yang ingin diucapkan ? Bagaimana kita bisa menyusun kata untuk membuat kalimat jika tidak mengetahui artinya mana yang kata benda, kerja ataupun kata sifat.
Jadi solusi untuk memperbanyak kosa kata yaitu : A. Hafalkan minimal 5 kosa kata setiap harinya tetapi setelah menghafalkan terapkan dalam sebuah kalimat atau gunakan kata itu sesering mungkin sampai benar benar merasa sudah ingat dengan arti atau penggunaan kata tersebut. 
B. Setiap bertemu dengan kosa kata baru atau kosa kata yang tidak diketahui artinya sesegera mungkin mencari tahu artinya , bisa dilakukan dengan cara melihat kamus ataupun dengan menggunakan kamus online di hp masing-masing. 

2. Youtube

Youtube adalah salah satu media sharing video terbesar dan terpopuler. Ada apa dengan youtube ? Nah sekarang dengan adanya internet sudah sangat memudahkan seseorang untuk bisa mempelari bahasa asing dimana saja ataupun kapan saja.

Sering seringlah menonton penjelasan bahasa inggris di youtube , bisa ketikan kata kunci “ mempelajari bahasa inggris dari dasar” nah nontonlah videonyo berkelanjutan sehingga kamu paham tentang apa yang kamu pelajari . Dengan menonton video setidaknya sudah sama dengan menerima pelajaran disekolah jadi kamu bisa menonton video-video tentang mempelajari bahasa inggris , biasanya divideo tersebut biasanya terdapat sambungan dari video sebelumnya sehingga kamu bisa melanjutkannya pada waktu selanjutnya.

3. Praktek

Selanjutnya adalah praktek. Teori saja tidak cukup jika tidak di praktekkan, kurang efektif rasanya jika hanya mendengar atau membaca teori saja. Maka dari itu praktekkan atau coba setiap kata atau kalimat yang kamu dengar, ini juga sama halnya dalam melatih pengucapan dalam bahasa inggris. 
Praktek bisa dilakukan sendiri dengan cara : mengulangi setelah native (orang asli luar negri) berbicara di video , atau dengan lagu lagu barat . Kalau aku menyarankan karna aku suka mendengarkan lagu , dengarkan lagu barat tetapi yang ada liriknya sehingga kamu bisa menyimak kata setiap kata bagaimana cara sebuah kata di ucapkan , setelah itu cobalah untuk mengulangi atau ikut bernyanyi, sesering mungkin praktekkan sehingga kamu bisa meningkatkan pengucapan dan kelancaran kamu dalam berbahasa. 
Disamping itu jika mempunyai teman yang bisa berbahasa inggris, bisa langsung praktek dengan teman sehingga ada reflek timbal balik untuk saling merespon percakapan. 

4. Konsisten 

Konsisten itu apasih ? Konsisten yang dimaksud adalah  Kamu harus mempunyai pendirian yang kuat dalam belajar , contohnya jangan mudah bosan dalam belajar , jangan hanya diawal awal saja yang niat tetapi setelah itu sudah jarang lagi untuk belajar , belajar nya cuman mood mood an kadang iya kadang gak lagi , inilah nantinya yang akan menghambat proses pembelajaran. 
Hargailai proses, semuanya ada waktunya, untuk mencapai puncak gunung harus mendaki dulu kan harus bersusah susah dulu gabisa langsung sampai ke puncak, begitu juga dengan belajar bahasa Inggris harus bersabar , bersungguh-sungguh. Percayala hasilnya nanti tidak akan menghianati proses yang ada.
Jadi itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar menguasai bahasa Inggris dengan baik dan mudah. Semangat belajar kawan kawan. Jangan malu bertanya dan semangat.


EmoticonEmoticon